ORANG TUA FAJAR BERKUNJUNG KE SEKRETARIAT MRC


Jumat, 12 Oktober 2012, sekitar pkl. 08.30 WIB, Kantor Sekretariat MRC kedatangan tamu dari Jakarta. Mereka adalah Lamin (20 thn) asal Penikel, Kampung Laut dan Rinawati (22 thn) asal Karangsembung, Kebumen.
Ya, mereka adalah orang tua dari Fajar Choiri Saiman (4 bln), bayi tanpa anus yang saat sekarang masih dirawat di RS. Margono Purwokerto pasca operasi pertamanya.

Kedatangan mereka memang atas undangan MRC untuk mengetahui kondisi Fajar pasca operasi dan langkah-langkah yang bisa diambil sebelum mereka menengok anak tercintanya di RS Margono.

Ditemui oleh Adi dari LPPSLH yang didampingi Bayu Nur Aji, Jojo Paijo, Iyan Bakul Saham, Tejo Sutrisno dari MRC dan Nawa Nugrasiwi dari LSM Teratai, suami istri tersebut menceritakan kronologis dan usaha mereka selama ini untuk mencari solusi dari masalah yang sedang menimpa anaknya terutama dari sisi biaya.

Kondisi ekonomi merekalah yang akhirnya memaksa suami istri ini harus meninggalkan Fajar bersama Kakek dan Neneknya di Penikel dan mereka berdua bekerja di Jakarta saat Fajar masih berusia 3 bln.
Selama di Jakarta, Lamin bekerja di Restorant sebagai pemotong sayur, sedangkan istrinya Rina bekerja ditempat bibinya yang memiliki usaha kost-kostan. Mereka menceritakan bahwa dari gaji mereka berdua hanya cukup untuk biaya hidup dan membeli susu Fajar. Sedangkan untuk biaya operasi Fajar sendiri mereka masih mengalami kesulitan.


Dari obrolan itulah akhirnya bisa diambil beberapa poin penting untuk penanganan Fajar kedepannya. Selain penanganan secara medis untuk Fajar yang masih membutuhkan setidaknya 2 kali operasi lagi, juga ada wacana untuk pemberdayaan orang tua Fajar yang hanya lulusan MI, untuk mengikuti kursus dan ujian persamaan agar memiliki skil dan kedepannya lebih mudah mendapatkan pekerjaan di Cilacap dan tidak perlu jauh-jauh meninggalkan Fajar yang memang masih sangat butuh perawatan.


Untuk itu MRC masih akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait dan seluruh anggota MRC untuk terus memberi dukungan moral maupun material dari masalah yang menimpa Fajar Choiri Saiman ini. (jojo paijo)


Comments

Popular posts from this blog

Limfa Terbalik, Perut Yesika Membesar